cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
Mohammad Fauziddin
Phone
+6282285580676
Journal Mail Official
jurnalobsesi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Tuanku Tambusai Nomor 23 Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
ISSN : 23561327     EISSN : 25498959     DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi
Core Subject : Education,
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as applications, with a systematic proposed method, sufficient review on previous works, expanded discussion and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Articles 150 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2022)" : 150 Documents clear
Pembelajaran jarak jauh: Media Daring untuk Anak Usia Dini di masa pandemi Covid-19 Dedeh Kurniasih; Sri Wulan; Hapidin Hapidin
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2473

Abstract

Pandemi covid-19 membatasi ruang gerak dan interaksi manusia. Mengharuskan kegiatan dilakukan secara daring, termasuk dalam proses pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang bagaimana pembelajaran jarak jauh secara daring yang dilakukan pada anak usia dini di masa pandemic covid-19 dan memperkaya literatur media pembelajaran jarak jauh melalui daring pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan instrumen utama penelitian kualitatif adalah peneliti sendiri dengan menggunakan format tabel literatur review. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian literatur pembelajaran jarak jauh melalui daring dapat dilakukan pada anak usia dini. Sumber belajar atau media yang dapat digunakan untuk menghadirkan pembelajaran bermakna selama pembelajaran jarak jauh  secara daring pada anak usia dini adalah dengan menggunakan video, pemutaran film, aplikasi multimedia interaktif serta game edukatif. Serta penting bagi guru untuk mengedukasi anak dan orang tua tentang literasi teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi dapat memberikan efek positive dalam proses pembelajaran. Peranan orang tua untuk mendampingi anak selama proses pembelajaran juga sangat menentukan terciptanya proses pembelajaran yang bermakna dan tercapainya tujuan pembelajaran
Concentration of Children's Learning in Motor-Sensory Play Management Development Framework Chusnul Mualli; Moh. Rofiki; Feriska Listrianti; Miri Jufria Vinori; Muhaiminah Muhaiminah
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2140

Abstract

In growing a child's concentration level, an appropriate method is needed to stimulate more stable focus and concentration. This study aims to examine efforts to increase children's learning concentration by managing sensory-motor play in early childhood, which is carried out at an institution under the auspices of the Nusus Salam Foundation, namely RA Nurus Salam. The research method uses a qualitative case study approach. To get an idea of the Efforts to Increase Children's Learning Concentration Through Sensory Motor Play Management, the researcher went directly to the institution and observed the RA Nurus Salam institution by interviewing the principal and three teachers. The results showed that; The RA Nurus Salam institution uses the management of sensory-motor play to stimulate the increase in children's learning concentration and the involvement of teachers' strategies in the direction of sensory-motor play using; first, lesson planning. Second, implementation of learning design, and third, evaluation. The implication is that children's concentration and focus are more stable when carrying out activities with sensory-motor management.
Pembelajaran Bahasa Daerah melalui Multimedia Interaktif pada Anak Usia Dini Hidayatu Munawaroh; Mohammad Fauziddin; Sri Haryanto; Afifah Eka Yulia Widiyani; Shinta Nuri; Robingun Suyud El-Syam; Salis Wahyu Hidayati
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.1600

Abstract

Media pembelajaran bahasa daerah yang menarik akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi yang disampaikan  oleh guru serta menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap bahasa daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada anak usia dini melalui multimedia interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian didapati bahwa pembelajaran bahasa daerah pada anak usia dini masih kurang, karena pendidik masih menggunakan metode pembelajaran yang membosankan dan media pembelajaran yang kurang menarik, dan penggunaan multimedia interaktif sangat berpengaruh dalam pembelajaran bahasa daerah pada anak. Implikasi dari penelitian ini adalah produk game education ini dapat menjadi solusi atas permasalahan pada pembelajaran daring, karena media ini bersifat fleksibel dan bisa membuat pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Wilma Rahmah Hidayati; Jhoni Warmansyah; Zulhendri Zulhendri
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.1756

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan kekhwatiran dalam pembentukan karakter anak usia dini yang lahir sebagai generasi “digital native”. Hal  tersebut menjadi tantangan para orang tua dan guru dalam membimbing kepribadian anak yang beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan upaya yang dilakukan oleh lembaga TK Islam Assakinah dalam penguatan karakter Islam moderat di tengah ancaman kondisi intoleransi yang banyak berkembang di kalangan umat beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif naturalistik dengan wawancara bersama kepala sekolah, guru dan orang tua siswa selama proses pembelajaran serta dilengkapi dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai karakter yang mendukung penanaman moderasi beragama sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai upaya seperti: penyeleksian awal (screening) calon guru, pemilihan bahan ajar, penanaman sikap moderat dalam pembelajaran, mengadakan parenting education. Berbagai upaya tersebut dapat mewujudkan generasi yang memiliki karakter islam moderat sejak dini dan membawa dampak positif saat anak berada pada tingkat pendidikan yang lebih lanjut
Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat Sulaiman W.
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2418

Abstract

Belum maksimalnya pelaksanaan pendidikan Islam bagi anak di usia emas pada tataran praktiknya ternyata meninggalkan masalah dan tantangan. Oleh karena itu, seorang tokoh yang komit terhadap pendidikan Islam di usia dini “Dradjat” mencoba mengajukan gagasan atau ide mengenai metode dalam pendidikan karakter anak. Tokoh ini sangat berpengaruh, serta memiliki karya-karya monumental dalam bidang pendidikan karakter anak. Berdasarkan alasan ini peneliti tertarik mengkaji Bagaimana Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Pembahasan penelitian kualitatif ini mengambil studi kepustakaan yang menyangkut kajian pemikiran tokoh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendidikan Islam bagi anak menurut Zakiah Drajat bukan saja dimulai sejak lahir, akan tetapi harus diterapkan sejak dari kandungan ibu. Usia emas  periode golden age dimulai dari masa kehamilan 0 (nol) tahun. Adapun upaya yang harus dilakukan adalah dengan mewujudkan lingkungan yang baik bagi anak, terutama lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Menguatkan kedudukan kedua orang tua sebagai contoh teladan yang baik bagi anak
Pengembangan Video Cerita Anak Tema Budaya Lokal Syafdaningsih Syafdaningsih; Wahyu Pratiwi
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2336

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan berdasarkan fenomena yang sedang terjadi yaitu adanya pembelajaran yang dilakukan secara blended learning sehingga media audio visual sangat dibutuhkan sebagai pendukung dalam pembelajaran terutama pada tema budaya. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan video cerita anak tema budaya lokal yang teruji validitas dan kepraktisannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development. Adapun prosedur yang digunakan yaitu ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick Carry. Produk dibuat dengan menggunakan prosedur yang telah dipilih, sehingga didapatkan media berupa video yang memuat tema budayaku dan empat subtema yaitu rumah Limas, makanan khas Pempek, tarian Gending Sriwijaya dan pakaian Aesan Gede dan Aesan Pak Sangko.Tahap evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi formatif oleh Tessmer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan video cerita anak tema budaya lokal teruji validitas dan kepraktisannya. Sehingga layak digunakan dalam pembelajaran terutama mengenai budaya lokal Sumatera Selatan yaitu Palembang
Pembelajaran Tahfidh Juz ‘Amma Anak Usia Dini Ismail Ismail; Moh. Wardi; Supandi Supandi; Ali Ridho
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami secara detail dalam rangka memecahkan masalah tentang bagaimana pembelajaran (kurikulum, tujuan, metode, evaluasi, faktor keberhasilan) tahfidh juz ‘amma anak usia dini di TK Islam Nurul Muttaqin? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan metode wawancara kepada guru, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan kurikulum pembelajaran tahfidh meliputi tujuan pembelajaran, pembagian ayat dan surat, pembagian waktu hafalan. Metode pembelajaran tahfidh yang diterapkan antara lain: al-tasmi’, al-talqin, al-takrar, dan muraja’ah. Evaluasi pembelajaran tahfidh dilaksanakan dengan menggunakan: kartu prestasi, ilmu tajwid, dan bithaqat al-surah wa al-ayah. keberhasilan pembelajaran tahfidh dipengaruhi oleh faktor minat, intelegensia, kesiapan belajar, pendidik, metode dan media pembelajaran, dan motivasi orang tua.
The Role of School Management on Mental Health of Early Childhood Students During the Covid-19 Pandemic Ulfiah Ulfiah; Esti Hudayati; Damri Fuad
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2469

Abstract

Kesehatan mental siswa anak usia dini telah menjadi perhatian yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir bahkan sebelum pandemi COVID-19. Tekanan dan pembatasan yang terkait dengan pandemi telah menempatkan para siswa Taman Kanak-kanak pada risiko yang lebih besar , yang dapat secara signifikan mengganggu perkembangan masa usia kanak-kanak. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran manajemen sekolah dalam kesehatan mental anak usia dini pada pandemi COVID-19. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan melakukan survei kepada kondisi keluarga, perkembangan fisik dan psikologis dan dampak pembelajaran jarak jauh dan pertanyaan terkait COVID-19 di daerah Antapani Bandung, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan dan depresi dalam kategori sedang, dan kategori cukup tinggi pada anak-anak yang tidak memiliki kegiatan dan hanya berdiam diri di Rumah selama pandemi covid 19. Hasil tersebut menyarankan agar manajemen sekolah dan orangtua lebih kreatif dalam memberikan kegiatan dan memperbarui strategi dan aktivitas sehingga dapat mengatasi kebosanan yang dirasakan oleh anak-anak dan  bermanfaat dalam interaksi sosial anak-anak dengan teman seusianya.
Alternative Pembelajaran Anak Usia Dini Pasca COVID-19: Stimulasi Perkembangan Sosial-Emosional Anak Nadlifah Nadlifah; Muhammad Abdul Latif; Siti Sarah; Helda Rismiyati Setyaningrum
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2486

Abstract

Pembelajaran online memberikan dampak negatif pada perkembangan sosial-emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran sentra main peran, pembelajaran sentra main peran pasca COVID-19, pencapaian sosial-emosional pada pembelajaran sentra main peran, dan faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif field research (lapangan) dan peninjauan pustaka. Sumber data meliputi: kepala sekolah, fasilitator, dan anak-anak di RA Tiara Chandra. Pengumpulan data dengan observasi partisipasi pasif, wawancara semi-terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sentra main peran pasca COVID-19 di kelompok B RA Tiara Chandra berjalan secara optimal untuk menstimulasi perkembangan sosial-emosional anak. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran sentra main peran meliputi: penataan lingkungan, pemilihan kegiatan main, sumber belajar yang menarik, motivasi anak, jumlah anak, dan kondisi emosi yang tidak stabil.
Kegiatan Neurokinestetik Sebagai Bentuk Persiapan Motoric dan Literacy Anak Usia 4-5 Tahun Ismatul Khasanah; Singgih Adhi Prasetyo
Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol 6, No 5 (2022)
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/obsesi.v6i5.2341

Abstract

Perkembangan motorik sering dijadikan tolak ukur untuk membuktikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik. Neurokinestetik merupakan bagian dari ilmu saraf terapan yang merupakan bentuk stimulasi yang dapat merangsang sel-sel otak anak untuk berkembang dengan baik dan membentuk kecerdasan kinestetik sehingga dapat mendukung perkembangan kecerdasan ganda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pembelajaran neurokinestetik sebagai dasar pengembangan motorik dan literasi pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.  Sumber data penelitian ini adalah guru RA yang terdiri dari 5 orang, orang tua murid, dan Perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif kualitatif secara mendalam, berkelanjutan dan terus menerus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinestetik adalah kemampuan kematangan saraf yang mematangkan gerakan refleks menjadi gerakan yang terkontrol dan terkoordinasi.  Hal ini dapat berdampak pada integrasi yang baik antara proses berpikir dan keseimbangan tubuh.  Selain itu, mereka memiliki keseimbangan tubuh yang baik, fleksibilitas yang baik dan tentu saja hal itu dapat berdampak pada kesiapan literasi yang lebih baik di masa depan.

Page 1 of 15 | Total Record : 150